Asesmen Nasional
Asesmen Nasional adalah program penilaian
terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang
dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar
murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses
belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.
Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.
Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen
ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas
belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.
Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu
dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem
pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan
pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu
wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok
berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa
yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan
kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang
karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai
tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan
Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu
pembelajaran.
Informasi mengenai Asesmen Nasional dapat dilihat pada https://anbk.kemdikbud.go.id